Fungsi Menu serta Icon Pada Software Microsoft Words
Fungsi Icon pada Tab Home
Pada Tab Home sendiri terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan Editing.
Group Clipboard
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
- Paste : Berfungsi untuk meletakan tulisan yang telah ter copy atau Cut. ( Ctrl+V )
- Cut : Berfungsi untuk mengambil atau memotong teks/objek terpilih. ( Ctrl+X )
- Copy : Berfungsi untuk men Duplikat atau memperbanyak teks/objek terpilih. ( Ctrl+C )
- Format Painter : Berfungsi untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
Group Font
Menu yang berada pada Group Font dengan cara khusus bertujuan untuk pemformatan huruf yang Terdiri dari :
- Font : Berfungsi untuk memilih tipe huruf
- Font Size : Berfungsi untuk mengatur ukuran huruf
- Grow Font : Berfungsi untuk memperbesar ukuran huruf dengan cara instan
- Shrink Font : Berfungsi untuk memperkecil ukuran huruf dengan cara instan
- Change Case : Berfungsi untuk merubah status huruf kapital/huruf kecil
- Clear Formatting : Berfungsi untuk menghilangkan pemformatan teks terpilih
- Bold : Berfungsi untuk menebalkan teks terpilih ( Ctrl+B )
- Italic : Berfungsi untuk memiringkan Teks terpilih ( Ctrl+I )
- Underline : Berfungsi untuk menunjukkan garis bawah pada teks terpilih ( Ctrl+U )
- Strikethrough : Berfungsi untuk menunjukkan tanda coret padateks terpilih
- Subscript : Berfungsi untuk mengetik karakter pemangkatan
- Superscript : Berfungsi untuk mengetik karakter pemangkatan
- Text Effect : Berfungsi untuk menunjukkan efek artistik pada teks terpilih
- Text Highlight Color : Berfungsi untuk menunjukkan warna stabilo di belakang teks terpilih
- Font Color : Berfungsi untuk mengatur warna pada teks yang terpilih.
Group Paragraph
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang mempunyai banyak manfaat untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
- Bullets : Berfungsi untuk menunjukkan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
- Numbering : Berfungsi untuk menunjukkan format penomoran di tiap paragraf terpilih
- Decrease Indent : Berfungsi untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
- Increase Indent : Berfungsi untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
- Left-to-Right : Berfungsi untuk menjadikan arah teks berlangsung dari kiri ke kanan (format Latin)
- Right-to-Left : Berfungsi untuk menjadikan arah teks berlangsung dari kanan ke kiri (format Arab)
- Sort : Berfungsi untuk menyortir data
- Show Paragraph Marks : Berfungsi untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
- Align Text Left : Berfungsi untuk mengatur teks rata kiri
- Center : Berfungsi untuk mengatur teks rata tengah
- Align Text Right : Berfungsi untuk mengatur teks rata kanan
- Justify : Berfungsi untuk mengatur teks rata kanan-kiri
- Line Spacing : Berfungsi untuk mengatur jarak antar baris teks
- Shading : Berfungsi untuk mengatur warna latar teks terpilih
- Border : Berfungsi untuk menunjukkan garis tepi pada teks terpilih.
Group Styles
Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
- Heading Styles : berisi alternatif format judul/subjudul dari paragraf terpilih
- Change Styles : berisi alternatif pengaturan tema paragraf
Group Editing
Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
- Find : Berfungsi untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword atau kata kunci yang anda tulis dalam sebuah file
- Replace : Berfungsi untuk mencari dan mengganti kata yg ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam sebuah file
- Select : Berfungsi untuk memilih objek alias teks tertentu di dalam sebuah file
Fungsi Icon Tab Insert
Tab Insert dipakai untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yg dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user mampu menyisipkan link ke file yg berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
Secara umum perintah yg terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7 Group perintah yg mempunyai persamaan fungsi. Beberapa Group yg terdapat di tab ini adalah:
- Pages
- Tables
- Illustrations
- Links
- Header & Footer
- Text
- Symbols
Fungsi Icon di Group Pages
Cover Page : Berfungsi untuk menyisipkan dan memilih tipe halaman sampul.
Blank Page : Berfungsi untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam sebuah file dokumen
Break Page : Berfungsi untuk memisah sebuah halaman file dokumen
Fungsi Icon di Group Tables
Insert Table : Berfungsi untuk menyisipkan tabel melewati obrolan Insert Table
Draw Table : Berfungsi untuk menyisipkan tabel dengan tutorial menggambar di halaman dokumen
Convert Text to Table : Berfungsi untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
Excel Spreadsheet : Berfungsi untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel
Excel Spreadsheet : Berfungsi untuk menyisipkan tabel instan yg telah terdapat tipe dan bentuknya di dalam MS. Word 2010
Fungsi Icon di Group Illustrations
Picture : dipakai untuk menyisipkan atau meletakkan foto yang tersimpan di komputer
Clip Art : Berfungsi untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yg terdapat di library program
Shapes : Berfungsi untuk menyisipkan objek foto autoshape
SmartArt : Berfungsi untuk menyisipkan foto dalam bentuk organization
Chart : Berfungsi untuk menyisipkan diagram
Fungsi Icon di Group Links
Hyperlink : Berfungsi untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain
Bookmark : Berfungsi untuk membikin penanda buku untuk disimpan
Cross-Reference : Berfungsi untuk membikin referensi antar file
Fungsi Icon di Group Header & Footer
Header : Berfungsi untuk mengatur kepala halaman sebuah file
Footer : Berfungsi untuk melakukan setting kepada kaki halaman sebuah file
Page Number : Berfungsi untuk melakukan setting kepada homor halaman
Header
Berfungsi untuk mengatur kop alias kepala halaman sebuah file. Biasanya sebuah dokumen resmi butuh dibubuhi kop dari sebuah organisasi. Dengan fasilitas Header tersebut, user mampu menunjukkan dan mengatur format header. Disitu terdapat beberapa format Header yg telah built-in. User mampu memilih salah satunya yg sesuai.
Footer
Berfungsi untuk mengatur atribut sebuah halaman berupa kaki halaman. Biasanya di tahap footer berisi no halaman dan atribut komplementer lainnya. Seperti halnya header, Footer juga berisi alternatif mengenai format Footer jadi user tinggal memilih dan melakukan setting seperlunya. Kesamaan antara header dan Footer adalah: apabila user telah membubuhkan keduanya di halaman tertentu jadi Header dan Footer di halaman lainnya akan persis sama.
Fungsi Icon di Group Text
Text Box : Berfungsi untuk menyisipkan kotak yg mampu diisi dengan teks
Quick Parts : Berfungsi untuk mengatur teks otomatis dll
WordArt : Berfungsi untuk menyisipkan teks bergaya artistik
Drop Cap : Berfungsi untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf
Signature Line : Berfungsi untuk menyisipkan tanda tangan digital
Date & Time : Berfungsi untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
Object : Berfungsi untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)
Text Box bertujuan untuk menyisipkan kotak teks sesuai dengan alternatif yg terdapat di menu tersebut. dengan ini user tak butuh menyisipkan objek Shape yg kemudian di-Add text. Disini user juga mampu melakukan setting seperlunya kepada Text Box yg telah disisipkan.
Quick Parts ialah menu yg menyediakan perintah-perintah, antara lain :
- Autotext Berfungsi untuk mengatur teks otomatis,
- Document Property Berfungsi untuk mengatur atribut dokumen.
- Field Berfungsi untuk menyisipkan Field alias judul tabel [dapat diset sebagai no otomatis sebagaimana di Access dan di Excel]
- Building Blocks Organizer Berfungsi untuk mengatur seputar partikulasi Quick Parts
- Save Selection to Quick Parts Gallery Berfungsi untuk menyimpan pemformatan dari teks terpilih ke dalam Quick parts Gallery.
WordArt Berfungsi untuk menyisipkan teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini user mampu menyisipkan tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya.
Drop Cap Berfungsi untuk menysipkan huruf kapital dengan ukuran lebih besar di awal sebuah paragraf. Disini lagi-lagi user disuguhi menu alternatif untuk mengambil salah satu bentuk Drop Cap yg diinginkan.
Signature Line Berfungsi untuk menyisipkan kalian tangan digital melewati layanan khusus yg disediakan Microsoft Corporation.
Date & Time Berfungsi untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini sesuai dengan tanggal dan waktu yg berlaku dalam sistem. dengan ini user tak butuh lagi mengutak-atik kalender alias bahkan membeli jam tangan hanya untuk membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan. Gunakan perintah ini untuk memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.
Object Berfungsi untuk menyisipkan objek embedded, berupa objek yg mampu dprogram jadi mampu menjalankan script tertentu. Objek yg mampu disisipkan dari perintah ini wajib berupa objek dengan ekstensi OLE alias Object Linked Embedded.
Fungsi Icon di Group Symbols
Equation : Berfungsi untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, khususnya dalam bidang matematika.
Symbol : Berfungsi untuk menyisipkan karakter khusus.
Fungsi Icon pada Tab Page Layout
Icon perintah yg terdapat di Tab Page Layout dipakai untuk pengaturan tataletak halaman dokumen Word. Tab ini terdiri dari 5 Group perintah, yaitu :
- Themes
- Page Setup
- Page Background
- Paragraph
- Arrange
Icon Perintah di Group Themes
Themes : Berfungsi untuk memilih tema halaman yg meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
Color : Berfungsi untuk mengatur warna tema halaman.
Fonts : Berfungsi untuk mengatur tema huruf yg akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.
Effect : Berfungsi untuk mengatur tema efek kepada objek Shape yg terdapat di halaman dokumen.
Icon Perintah di Group Page Setup
Menu-menu yg terdapat di group Page Setup disediakan untuk melakukan pengaturan halaman, yakni dalam bidang ukuran kertas, margin halaman, pengaturan kolom teks, dll. Halaman dokumen mampu diatur sesuai dengan cita-cita user, khususnya untuk melakukan sinkronisasi dengan tipe dan ukuran kertas yg akan dipakai nantinya. Adapun menu perintah yg terdapat di group Page Setup yaitu :
- Margin
- Orientations
- Size
- Columns
- Breaks
- Line Numbers
- Hypenation
Margins : Berfungsi untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
Orientation : Berfungsi untuk mengatur posisi kertas.
Size : Berfungsi untuk mengatur ukuran halaman.
Columns : Berfungsi untuk mengatur jumlah kolom teks.
Breaks : Berfungsi untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
Line Numbers : Berfungsi untuk mengatur kontinuitas no baris teks.
Hypenation : Berfungsi untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung dengan cara otomatis.
Icon Perintah di Group Page Background
Perintah-perintah di group Page Background dipakai untuk mengatur latar belakang halaman file dokumen yg sedang digarap. Ada tiga menu perintah: Watemark, Page Color, dan Page Borders.
Watermark : Berfungsi untuk menunjukkan efek tanda air di belakang teks.
Page Color : Berfungsi untuk mengatur warna latar halaman.
Page Borders : Berfungsi untuk mengatur garis tepi halaman.
Icon Perintah di Group Paragraph
Menu perintah di Group Paragraph ini dengan cara umum dipakai untuk pengaturan seputar paragraf teks. Sedangkan perintah-perintah yg terdapat di group ini: Indent, dan Spacing.
Indent : Berfungsi untuk mengatur batas teks;
Spacing : Berfungsi untuk mengatur jarak antar paragraf.
Icon Perintah di Group Arrange
Secara umum, perintah-perintah di group ini dipakai untuk mengatur:
- Posisi objek di antara teks
- Posisi objek dengan objek lainnya
- Mengatur aliansi objek di halaman dokumen
Position : Berfungsi untuk mengatur posisi objek di dalam sebuah halaman
Wrap text : Berfungsi untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
Bring Forward : Berfungsi untuk untuk memposisikan sebuah objek dengan objek lainnya
Send Backward : Berfungsi untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
Selection Pane : Berfungsi untuk menampilkan panel navigasi objek
Align : Berfungsi untuk mengatur posisi objek lepas
Group : Berfungsi untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
Rotate : Berfungsi untuk memutar, dan membalik sebuah objek terpilih
Fungsi Icon pada Tab References
Icon perintah yang terdapat pada tab References yang digunakan untuk properti seputar referensi yang berkaitan dengan dunia perbukuan. Sebuah perbukuan yang dibekali dengan atribut referensi yg lengkap, supaya yang tertuang di dalamnya terus gagah perkasa.
Tampaknya tab Reference ini juga kompatibel bagi pemakai dalam menggarap dokumen yang lumayan kompleks. Misalnya proposal, skripsi (dan saudara-saudaranya). Bagi teman-teman yg merasa calon sarjana mungkin butuh mengakrabkan diri dengan tab Reference ini sebagai persiapan menyambut tugas akhir yg sangat dituntut untuk melengkapinya dengan atribut referensi semisal footnote dan endnote.
Tab References terdiri dari 6 group :
- Table of Contens
- Footnotes
- Citation
- Bibliography
- Captions
- Index
- Table of Authorities
Icon Perintah pada Group Table of Contens
Icon perintah yg terdapat pada group Table of Contens terdiri dari 3 icon :
- Table of Contens
- Add Text
- Update Table
Table of Contens
Dipakai untuk pengelolaan daftar isi. Dengan menu ini user mampu menysipkan daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen. Bila mode otomatis yg dipilih, jadi fitur ini akan mencari judul dan subjudul dengan cara otomatis dari file dokumen yg tengah Kalian garap.
Itulah sebabnya, sebelumnya kalian butuh memformat heading style alias format judul pada dokumen yg tengah dikerjakan. Dengan kata lain, daftar ini sebaiknya disisipkan ketika judul alias subjudul telah terbentuk, meskipun hanya sebagian saja. Dengan menu ini pula Kalian dengan bebas mampu mengatur daftar isi yg telah disisipkan.
Add Text
Berfungsi untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yg telah dibuat. pasti Kalian tahu bahwa mesin otomatis tak selamanya mampu menjalankan tugas spesifik yg sangat detail. Sehingga butuh adanya alternatif yg memungkinkan user untuk melakukan customisasi bila nantinya nyatanya tak sesuai dengan yg diharapkan.
Tak jarang, di tengah penulisan, akan menyimak sebuah alinea biasa sebagai judul. Di permasalahan lain, Kalian mungkin menghendaki sebuah judul untuk dimasukkan ke level 2 (subjudul) melainkan sistem justru menjadikannya sebagai judul (level 1). Sehingga langkah kustomisasi tampaknya butuh dilakukan supaya yg akan terjadi pekerjaan sesuai dengan yg diinginkan.
Disinilah manfaat sebetulnya dari perintah ini. Bila diklik, menu ini akan menimbulkan pulldown yg terdiri dari beberapa alternatif pendukung sisipan tersebut. Kalian mampu memilih, apakah mau disisipkan sebagai judul (level 1), alias subjudul (level 2), dll.
Update Table
Berfungsi untuk memperbarui daftar isi. Adanya perubahan pada sebuah dokumen, umpama dikala Kalian menghilangkan sebuah judul alias subjudul tak dengan cara otomatis mensugesti status daftar isi. Update Table bertujuan untuk sinkronisasi antara daftar isi dengan perubahan terkini dalam dokumen.
Icon Perintah pada Group Footnotes
Umumnya, semua icon perintah yg terdapat di group Footnotes ini pengelolaan referensi tulisan. Group ini mempunyai flyout di tahap kanan-bawahnya yg berisi properti lebih detail seputar referensi dokumen. Group ini terdiri dari 4 icon perintah :
- Insert Footnote
- Insert Endnote
- Next Footnote
- Show Note
Insert Footnote
Berfungsi untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yg berada di tahap bawah halaman alias footer). Suatu istilah kadang merasa butuh untuk dijelaskan lebih detail untuk menimbulkan pemahaman yg konkrit, melainkan tak mungkin dijelasakan dalam paragraf bahasan.
Bila dipaksa akan memutus alur bahasan itu sendiri. Sebagai alternatif, Kalian menyisipkan catatan kaki untuk membahas lebih detail mengenai istilah yg dipakai. Aktifkan kursor di sebelah kanan kata yg dimaksud, lalu klik icon ini, jadi sistem akan mengangkat kursor ke tahap bawah halaman dan mempersilahkan Kalian menulis catatan kaki.
Endnote
Berfungsi untuk menyisipkan catatan di akhir bab. Namun demikian, tutorial penggunaannya sama, bila perintah Endnote diklik, sistem akan mengangkat Kalian pada akhir bab dan mempersihakan Kalian untuk menuliskan catatan mengenai kata tertentu sesuai yg ditunjuk oleh kursor.
Next Footnote
Bertujuan untuk mengamati footnote dan endnote. Icon ini memilikidown arrow. Bila diklik, akan timbul flyout yg berisi menu seputar pemantauan footnote dan end note yg terdapat di seluruh file dokumen aktif.
Show Notes
Digunakan untuk menunjukan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote. Bila Kalian mengaktifkan perintah ini, jadi sitem akan menampilkan letak catatan dari halaman dokumen yg sedang aktif. Untuk menonaktifkan desain tersebut, klik sekali lagi icon perintah Show Notes tersebut.
Icon Perintah pada Group Citation & Bibliography
Icon perintah yg terdapat di group Citation & Bibliography dipakai untuk pengelolaan kutipan dan daftar pustaka. Group ini sangat menolong dalam pengelolaan daftar kutipan dan daftar pustaka yg tak jarang membingungkan kita dikala menggarap goresan pena kompleks. Saat kita berusaha jujur dalam kutipan daftar pustaka dari buku yg dikutip, malah kita dibangun bingung.
Di permasalahan lain, seorang penulis tetap butuh mencatat di buku khusus, melainkan hidup baik lagi tak memihak, buku yg tersimpan rapi, nyatanya dibawa main sama anak keduanya (hehehe.. nasib, nasib). Agar permasalahan ini terantisipasi, dan Kalian tak butuh lagi selingkuh dengan buku catatan tradisional, group Citation & Bibliography menolong Kalian dalam pengelolaan ini. Group ini terdiri dari 4 icon perintah:
- Insert Citation
- Manage Source
- Style
- Bibliography
Insert Citation
Berfungsi untuk menyisipkan kutipan eksklusif pada kawasan kursor aktif. Dengan icon ini, Kalian tak melakukan pemformatan dengan cara tradisional. Tentukan letak kursor, klik icon ini, Kalian akan dihadapkan pada sejumlah alternatif untuk keperluan menyisipkan kutipan.
Manage Sources
Berfungsi untuk mengelola seluruh sumber kutipan yg mungkin telah disisipkan di semua segmen file dokumen. Klik icon ini, Kalian akan dibawa untuk berkonsentrasi dengan pengaturan semua sumber kutipan yg disisipkan tersebut.
Menu Style
Bertujuan untuk memilih bentuk bibliography yg diinginkan. Kalian tak butuh membikin sendiri bentuk daftar pustaka yg mungkin kita belum memahaminya. Pilih format daftar pustaka disini dan rasakan kemudahan dalam memilih format daftar pustaka yg resmi.
Menu Bibliography
Berfungsi untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif. Seperti yg telah dijelaskan di atas, daftar pustaka sangat berkaitan dengan bahan kutipan yg telah disisipkan. Mungkin ada baiknya seusai Kalian sisipkan kutipan langsung, Kalian tak lupa untuk mengklik icon Bibliography ini supaya tak butuh lagi mencatat di buku tradisional.
Icon Perintah pada Group Captions
Group Captions dengan cara umum dipakai untuk menyisipkan keterangan mengenai foto alias ilustrasi yg terdapat dalam dokumen. terdiri dari 4 icon perintah:
- Insert Caption
- Insert Table of Figures
- Update Table
- Cross-reference
Insert Caption
Berfungsi untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi alias foto yg telah disisipkan. Memang kita akui bahwa foto lumayan menolong memperjelas sebuah bahasan. Namun foto tersebut juga butuh diarahkan dengan sedikit keterangan seputar foto tersebut.
Bila tidak, mungkin ada sedikit pergeseran pemahaman mengenai foto ilustrasi tersebut. Bila dalam ilustrasi terapat cewek cantik, mungkin pembaca justru terpaku dengan wajah cewek itu (termasuk saya, heheh). Mungkin tak demikian bila kita membubuhkan keterangan mengenai foto itu.
Insert Table of Figures
Berfungsi untuk menyisipkan daftar isi foto yg disisipkan ke dalam dokumen. Umumnya dalam perbukuan merasa butuh untuk melakukan katalog mengenai gambar-gambar yg terdapat di buku, untuk mempermudah pembaca dalam menavigasi seluruh foto yg ada di sebuah buku.
Icon Insert Table of Figures dipakai untuk melakukan urusan tersebut. Sehingga dengan mudah mampu membikin katalog foto deskripsi di sebuah buku.
Update Table
Berfungsi untuk melakukan pembaruan kepada daftar katalog gambar. Perubahan di segmen foto tak serta-merta eksklusif merubah katalog yg telah dimasukkan sebelumnya. Misal, kita meningkatkan alias menghaps sebuah foto ilustrasi.
Kasus lain, no katalog foto mungkin amburadul dikala menyisipkan foto baru diantara foto lainnya. Dengan icon Update Table tersebut, sistem akan mengurutkan no katalog foto tersebut.
Cross-reference
Berfungsi untuk menyisipkan referensi silang. Tak jarang pengulangan istilah di halaman lain juga butuh dijelaskan kembali di catatan kaki. Namun bagaimana bila faktor itu wajib diulang 100 kali? Disinilah manfaat sebetulnya dari icon Cross-reference tersebut. Kalian mampu merujukkannya ke footnote alias endnote di halaman lainnya.
Icon Perintah pada Group Index
Group Index dengan cara umum bertujuan untuk pengelolaan daftar kata yg dibahas di buku. Group ini terdiri dari 3 icon perintah yaitu :
- Mark Entry
- Insert Index
- Update Index
Mark Entry
Berfungsi untuk menandai masukan baru dalam dokumen. Saat mengedit goresan pena mungkin dihadapkan pada situasi dimana Kalian merasa butuh membedakan antara kata masukan yg baru dengan yg lama.
Icon perintah Mark Entry akan menolong Kalian dalam pengelolaan seputar masukan baru dalam sebuah dokumen. Dengan icon ini, entri kata yg baru akan ditandai dengan warna tertentu jadi dengan mudah Kalian mampu membedakan antara masukan kata yg sebelumnya dengan entri kata yg terbaru.
Insert index
Berfungsi untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen. Indeks menggambarkan kata alias istilah yg dibahas di dalam tulisan. Dengan indeks, pembaca akan mempunyai navigasi untuk mengetahui sepintas mengenai perbendaharaan sebuah buku.
Icon Index menolong Kalian dalam pengelolaan indeks di dokumen garapan Anda.
Update Index
Berfungsi untuk memperbarui daftar indeks terkini. Saat Kalian menambahkan kalimat baru di sebuah bahasan, mungkin akan menggeser halaman yg sebelumnya telah terdaftar dalam indeks jadi daftar no halaman yg telah terindeks tak seksama lagi dengan keadaan terakhir dari dokumen Anda.
Gunakan icon update Index tersebut untuk memperbarui daftar di indeks sesuai dengan keadaan terkini di dokumen.
FUNGSI TAB MAILINGS
Fungsi mailings ialah untuk membikin mail merger alias surat massal, menetik teks pada amplop dan membikin tabel.
- Envelopes Berfungsi untuk membikin sampul pada amplop. Envelopes juga dipakai untuk mencetak kop surat tunggal. Pada kop mampu dituliskan alamat tujuan.
- Labels Berfungsi untuk menuliskan alamat dan nama. Labels juga dipakai untuk membikin dan mencetak label tunggal (misalnya untuk menuliskan alamat penyuratan, sebagai sampul file data dan sampul CD)
- Start Mail Merge Berfungsi untuk membikin sebuah surat, surat mampu berbentuk e-mail maupun surat biasa.
- Select Recipients Berfungsi untuk memilih penerima surat yg berisi data nama dan alamat penerima surat.
- Edit Recipients List Berfungsi untuk menggabungkan dokumen sumber data, yg berisi daftar nama dan alamat penerima surat. Lalu mengedit daftar info penerima dan juga menambahkan alias mengurangi daftar nama penerima
- Highlight Merge Fields Berfungsi untuk menyisipkan dokumen
- Address Block Berfungsi untuk pemilihan alamat surat
- Greeting Line Berfungsi untuk menambahkan baris ucapan
- Insert Merge Field Berfungsi untuk membikin label surat yg berisikan nama dan alamat penerima.
- Rules Berfungsi untuk menunjukkan garis dalam surat
- Match Files Berfungsi untuk membandingkan surat
- Update Labels Berfungsi untuk memperbarui label surat
- Preview Result Berfungsi untuk menonton hasil
- Find Recipient Berfungsi untuk menemukan dan menampilkan data yg spesifik yg telah tersimpan di daftar penerima dengan mencari teksnya.
- Auto Check for error Berfungsi untuk memeriksa kesalahan dengan cara otomatis
- Finish & Merge berakhir memakai fasilitas mailing kalian mampu eksklusif mencetak otomatis
Cara membikin surat massal di word
- Buat template surat yg akan dibangun surat missal
- Klik menu mailings pada menu bar selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge
- Pada pop up, pilih Type New List
- Klik customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yg dibuat
- Klik ok dan pilih OK lagi pada jendela new address list. Kemudian akan timbul folder dimana database akan disimpan.
- Langkah selanjutnya buka folder dimana database tersimpan. Database yg tersimpan mempunyai format access
- Isi database sesuai dengan yg diinginkan
- Buka lembar kerja di Microsoft Word dan klik preview result untuk menonton hasilnya
- Untuk menonton surat yg lain mampu dilakukan dengan klik anak panah ke kanan alias ke kiri
Fungsi Tab Review
Proofing
- Spelling dan Grammar : Berfungsi untuk memeriksa ejaan teks
- Research : Berfungsi untuk membuka panel penelitian referensi
- Thesaurus : Berfungsi untuk saran kata yg sepadan
- Translate : Berfungsi untuk menerjemahkan kata ke bahasa lain
- Translation Screen Tip : Berfungsi untuk memungkinkan sebuah screen tip menerjemahkan ke bahasa lain pada kata di kursor berhenti
- Set languge : Berfungsi untuk mengatur bahasa dengan memeriksa dulu ejaan dan tata bahasa yg terpilih
- Word count : Berfungsi untuk menemukan tak sedikit kata, paragraph, dan kalimat didalam dokumen
Comments
- New comment Berfungsi untuk memasukkan komentar baru
- Delete Berfungsi untuk menghilangkan komentar
- Previous Berfungsi untuk memeperlihatkan komentar sebelumnya
- Next Berfungsi untuk memeperlihatkan komentar setelahnya
Tracking
- Track changes Berfungsi untuk melacak semua perubahan yg dibangun dari dokumen tergolong tambahan, penghapusan dan menata ulang
- Ballons Berfungsi untuk memilih alias menonton yg akan terjadi kerja yg telah direvisi
- Display for review Berfungsi untuk memilih bagaimana memandang perubahan yg di usulkan pada dokumen
- Show markup Berfungsi untuk memilih markup semacam apa untuk menunjukkan dokumen
- Reviewing Pane di gunakan untuk menunjukkan sebuah revisi pada jendela yg terpisah.
Changes
- Accept and move to next di gunakan untuk mendapatkan perubahan baru dan menganjurkan perubahan selanjutnya
- Reject and move to next Berfungsi untuk menolak perubahan baru dan menganjurkan perubahan selanjutnya
- Previous change Berfungsi untuk menampilkan revisi sebelumnya di dalam dokumen jadi mampu menerima/menolak
- Next change Berfungsi untuk menampilkan dokumen yg mampu diterima/ditolak
Compare
- Compare Berfungsi untuk mengkombinasikan beberapa versi dari document
- Show source documents Berfungsi untuk menunjukkan sumber dokumen yg terpilih
Protect
- ·Protect document dipakai untuk melindungi yg akan terjadi kerja sebab ialah sebuah privasi
Demikianlah Fungsi dari Menu serta Icon pada Microsoft Words, semoga informasi ini dapat membantumu dalam memakai software ini. Sekian, terima kasih.


0 Response to "Fungsi Menu serta Icon Pada Software Microsoft Words"
Posting Komentar